PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER?

apa itu jaringan komputer? sebelu kita membahas jaringan komputer kita perlu tau apasih itu jaringan.
JARINGAN:Adalah sekumpulan sistem tau elemen yang saling terhubung dan melakukan fungsi khusus untuk tujuan tertentu,sedangkan
 JARINGAN KOMPUTER: Adalah sekumpulan komputer beserta perangkat linnya(hub,printer,switch) yang saling terhubung satu sama lain dn memiliki tujuan dan fungsi tertentu.

MANFAAAT JARINGAN KOMPUTER
  1. berbagi perangkat keras
  2. memudahkan pengaksesan informasi
  3. berbagi file atau data
  4. hemat biaya karna satu perangkat bisa dijalankan oleh semua pengguna
  5. reliabilitas tinggi dll        
JENIS-JENIS JARINGAN
        Berdasarkan jenis nya jaringan komputer dibedakan menjadi3 yaitu:sesuai fungsi,media transmisi dan cakupan areanya.

1.FUNGSI
    berdasarkan fungsi ada dua yaitu:

    -CLIENT SERVER
        adalah jaringan komputer dimana salah satu komputer bertindak sebagai server atau pusat sumberdaya layanan kepada kliennya macam-macam berupa storage,web,mail dll sedangkan klien hanya menerima saja.

-PEER TO PEER
       adalah jaringan komputer dimna setiap komputer dapat bertindak sebagai server dan juga dapat bertindak sebagai klien sehingga lebih fleksibel ,jaringan ini  biasanya sering digunakan pada LAN.

2.MEDIA TRANSMISI
    berdasarkan media transmisi ada dua yaitu:

     -KABEL(WIRED)
            jaringan kabel yaitu pastinya menggunakan kabel dalam alat sebagai penghantarnya,kabel yang biasa digunkan adalah kabel UTP,coaxcial ataupun fiber optic. kelebihannya adalah dengan kabel kita dalam proses pengirimn file atau data akan lebih cepat.

  -NIRKABEL(WIRELESS)
             persis dengan namanya yaitu nirkabel,jaringan ini tidak memerlukan kabel dalam proses penghubungsnnya, media yang digunakan berupa sinyal radio,infra red ataupun bluetooth.dengan nirkabel akan lebih fleksibel dan lebih simpel.

3.CAKUPAN AREA

     -LAN-
     local area network adalah jaringan lokal yang caupannya sempit hanya berkisar jarak 100m dan medianya transmisinya menggunkan kabel.

     -MAN-
    metropolitan area network adalah jaringan yang cakupannya cukup luas yaitu mencakup gedung,kantor dan meliput perkotaan.

   - WAN-
   wide area network secara cara kerja dan fungsi sama dengan LAN dan MAN hanya saja yang membedakannya adalah cakupan yang cukup luas hingga antar negara.

 -INTERNET-
   jaringan yang paling global yang paling luas jangkauannya karna meliputi seluruh dunia.

sekian pembahasan dari pengenalan jaringan komputer semoga bermanfaat :0


     

   

Komentar